Rabu, 11 Januari 2012

Sajadah


Sajadah (dalam Arab, سجادة sajjāda atau musallah, dalam Persia: جانماز Janamaz) adalah alat yang terbuat dari kain yang biasanya memiliki gambar dan corak bernafaskan Islam. Sajadah digunakan kaum Muslim untuk menjaga agar tetap terjaga kebersihannya ketika melaksanakan shalat. Sajadah pada umumnya memiliki ukuran yang cukup besar untuk mengkover seluruh bagian tubuh ketika melakukan sujud agar tetap bersih selama shalat. (http://id.wikipedia.org/wiki/Sajadah)

Sebagaimana biasanya mesjid jami di kampungku hanya penuh pada hari jum'at saja untuk melaksanakan ibadah sholat jumat. Selebihnya hanya satu baris saja tidak penuh. Waktu itu mesjid yang sudah cukup mewah untuk ukuran sebuah kampung lantainya sudah keramik mengkilat, ada dua baris karpet hijau menghiasi shaaf depan, shaaf ke dua biasanya baru di gelar kalau sholat jum'at saja, mungkin sayang karena jemaah sholat fardu tidak sampai 2 shaaf.

Begitu kalau hari jum'at tiba cukup banyak jemahan yang beribadah dengan berbagai macam sajadah mereka gelar, untuk menutupi lantai keramik yang dingin. Dengan berbagai ukuran pula sajadah yang mereka bawa. Ada yang ukurannya panjang dan lebar melebihi yang lainnya ada yang kecil pula. dengan begitu maka shaaf yang mereka laksanakanpun tidak sesuai dengan perintah sholat berjamaah karena adanya kesenjangan atau ukuran yang berbeda dari setiap sajadah yang mereka bawa.

Karena lantai yang masih keramik cukuplah alasan untuk mereka yang membawa sajadah dan sayapun juga demikian adanya. Waktu berjalan bulan berganti tahun, kabar berita bahwa lantai masjis akan di belikan karpet tebal karena mendapat bantuan dari sebuah perusahaan swasta.

Alhamdulillah karpetpun sudah di beli dan sudah mulai di pakai kalau sholat jumat dan ada kegiatan lainnya, tapi yang menjadi pertanyaan saya sementara karpet tebal sudah ada kenapa orang-orang masih membawa sajadah mereka dan memakainya diatas karpet itu. Sementara itu juga shaafnya sama saja seperti dahulu. karpet hijau dengan motif yang bagus tertutup dengan beraneka warna sajadah yang berbagai ukuran itu.

Apakah ini akan terus berlanjut? sampai kapan? bahkan para pengurus DKM-nya saja melakukan hal yang sama dengan jemaah yang lainnya. wallahu alam bishowab .

2 komentar:

  1. Permisi Numpang Promo
    Refiza Souvenir menyediakan berbagai macam souvenir tasbih dan souvenir Buku Yasin. cek katalog kita di www.refiza.com

    BalasHapus
  2. Sangat menginspirasi. Jazakallah khairan

    BalasHapus